Movie/Drama

Review Movie : Sweet & Sour 2021 (Spoiler Alert)

  • Movie: Sweet & Sour
  • Revised romanization: Saekomdalkom
  • Hangul: 새콤달콤
  • Director: Lee Gye-Byeok
  • Writer: Kurumi Inui (novel), Lee Gye-Byeok, Sung Da-Som
  • Producer:
  • Cinematographer: Park Young-Joon
  • Release Date: June 4, 2021
  • Runtime: 102 min.
  • Distributor: Netflix
  • Language: Korean
  • Country: South Korea
Sinopsis Singkat

Jang Hyeok (Jang Ki-Yong) menjalin hubungan romantis dengan Jung Da-Eun (Chae Soo-Bin), yang bekerja sebagai perawat. Ketika mereka pertama kali mulai berkencan, Jang Hyeok adalah pacar yang manis bagi Jung Da-Eun, tetapi sekarang tidak lagi. Sejak Jang Hyeok mulai bekerja sebagai pekerja sementara di sebuah perusahaan besar. Dia mencoba untuk mendapatkan posisi permanen di perusahaan. Hal ini menempatkan Jang Hyeok dalam posisi bersaing dengan Han Bo-Yeong (Krystal), yang juga menginginkan pekerjaan yang sama. Jang Hyeok dan Han Bo-Yeong juga bekerja sama satu sama lain dan, saat mereka bekerja bersama, mereka semakin deka

Sepatu Baru

Setting awal film ini berada di rumah sakit tempat Da Eun bekerja sebagai perawat kontrak. Da Eun sendiri merupakan pekerja kontrak dengan sistem shift. Suatu hari dia bertemu pasien bernama Lee Jang Hyeok pasien penderita Hepatitis. Lee Jang Heyok memilik postur tubuh gendut dan tinggi. Setiap hari Da Eun merawat Lee Jang Heyok, hingga akhirnya menumbuhkan benih-benih cinta dihati Lee Jang Hyeok. Hari-hari berlalu semakin erat interaksi antara Da Eun dengan Lee Jang Hyeok.

Singkat cerita Lee Jang Hyeok sudah sembuh dan dinyatakan bisa pulang dengan penjadwal kepulangan besok lusa oleh dokter. Namun, Lee Jang Hyeok belum sepenuhnya rela meninggalkan Rumah Sakit yang sudah berhasil menumbuhkan benih-benih cinta kepada Da Eun Ssi. Akhirnya dengan berbagai cara Lee Jang Hyeok mencari keberadaan Da Eun, namun tak kunjung tau keberadaan Da Eun yang saat itu sedang ijin cuti. Tak sampai disitu Lee Jang Hyeok mencoba mencari tau nomer telfon dan segera menghubungi Da Eun hanya bermodalkan 8 digit awal nomer Da Eun dan harus mencari sisa angka agar tersambung dengan nomer Da Eun.

Setelah menemukan nomer Da Eun semua hidup Lee Jang Hyeok berubah. Dia sering ke tempat Da Eun bermodal meminjam mobil bapak Lee Jang Hyeok. Hampir setiap hari Lee Jang Hyeok berada di tempat Da Eun, hingga suatu ketika Lee Jang Hyeok ingin menjadi kurus karena beberapa alasan salah satunya karena ingin memakai barang couple dengan Da Eun. Meskipun barang couple yang bisa mereka pakai hanya sepasang sepatu.

Sepatu Lama

Setting selanjutnya dimulai dengan Jang Hyeok diperankan oleh Jang Ki Yong sedang lari menggunakan sepatu yang sama dengan scene terakhir. Setelah itu berseling kisah percintaan dengan Da Eun ditempat tinggal Da Eun, hari-hari pun berlalu dengan kisah romance mereka. Mulai dari kegiatan sehari-hari Da Eun sebagai pekerja kontrak dan melakukan aktifitas pekerjaan sesuai Shift. Jang Hyuk sebagai tenaga kontrak di perusahaan konstruksi akan dipindahkan ke perusahaan besar untuk menduduki posisi …… bersama Han Bo Young. Han Bo Young ini pada akhirnya menjadi partner kerja Jang Ki Yong sebagai tenaga magang yang ujung-ujungnya hasil kerja mereka diambil alih untuk diakui tim pekerja tetap.

Aslinya saya geregetan di part ini. Mereka berdua yang begadang, dilema, mikir keras ngerjakan ternyata tenaga mereka diserap oleh kelompok yang sudah diakui. Yaa.. memang dunia kerja kejam-kejam dikit seperti itu.

Belum lagi masalah Jang Hyeok dengan Da Eun yang ribet tentang percintaan mereka. Jang Hyeok dengan segala kesibukannya begadang garap project, Da Eun yang butuh perhatian dan kasih sayang Jang Hyeok. Lengkap sudah drama percintaan mereka jika muncul orang ketiga. Akhirnya mereka break karena Da Eun overthinking dan Jang Hyeok yang sudah bosan/kadaluarsa cintanya ke Da Eun? Sedangkan ada orang baru di hidupnya yang yaaa.. begitulah..

Yang jadi pertanyaan, mbak Krystal disini termasuk kategori Pelakor gak sih?

Reviewnyaa ..

Menit-menit awal disuguhkan scene Lee Jang Hyeok, saya kan jadi mikir ya? “Mana jang kiyongnya? Ohh.. atau mungkin besok ini dia jadi grow up?” karena sebelum liat filmnya sepat trending twitter selama hampir 2 hari dan banyak spoiler betebaran ngomongin endingnya yang SANGAT MEMBAGONGKAN, yang akhirnya saya sudahi scroll-scroll takut kebablasan kan gak enak mau lita se membagogkan apa endingnya.

Lanjut lihat sampai hampir setengah jam berjalan masih tentang si Gendut Lee Jang Hyeok, akhirnya saya mikir keras nama gak segera jadi Jang Ki Yong ya? Saya makin gak sabar dan mikir atau mungkin dengan skenario saya yang satu ini.

Lee Jang Hyeok ini nanti bakal jadi glow up dan kurus setelah ketemu Da Eun. Mereka akhirnya pacaran selesai. Tapi ternyata semua itu hanya khayalan Lee Jang Hyeok yang udah terlanjut kesengsem dan kepept sama pesona Da Eun? Ntahlah yaa.. sampai satu scene SEPATU LAMA masuk, legaaa.. Jang Ki Yong muncul gais dengan lari sampai keringetan. 

Awal mula nonton film ini saya cuman kepikiran aktor dan aktisnya. Hahaha bayangkan saja ada si cakep Jang Ki Yong dengan lawan main Chae Soo Bin sebagai kekasihnya ditambah ada sosok lain sebagai rekan kerja Jang Ki Yong yang gak kalah menarik, Krystal Jung.

Membayangkan keuwuan diantara mereka saja saya sudah senang sekali, apalagi jika bisa nge-shippin Jang Ki Yong dengan salah satu diantara keduanya di RL. Hahaha

Balik ke review, dikarenakan beberapa alasan tentang drama-drama terakhir Jang Ki Yong yang kurang ngena di hati (selalu ngenes) maka saya membulatkan tekat untuk nonton film dia yang satu ini. Sebelum tayang di Netflix pun, beberapa cuplikan filmnya sudah seliweran di beranda sosmed saya.

“Jarang-jarang nih jang ki yong maen film romance gini. Endingnya gimana ya?”

Gemes kan, gara-gara drama dia bareng mbak Jang Nara yang yaaa.. begitulah.. Belum lagi drama terbaru dengan lawan mainnya Nana (Nana – After School) dengan ending ngenes, dengan lawan main Jin See Yeon saya kurang sreg takut endingnya sama dengan drama bareng mbak Nana dan akhirnya putus tengah jalan liatnya T.T .. Saya juga butuh orang cakep ini dengan ending yang cakep pula, batin saya waktu itu. Eh.. malah kualat saya lita ending film Sweet and Sour ini. Antara mikir “Ya.. masuk akal sih!”, “Tapi ya gak gini juga writernim, saya ngerasa otak saya ngelag ini setelah liat drama ini.”

Rekomended gak sih?

Bangeeet! Tapi ada beberapa pengecualian.

  1. Jangan ditonton bagi orang yang punya trauma diselingkuhin dan sangkut paut dengan dunia perpelakoran.
  2. Tonton bagi yang mau liat keuwuan mereka, tapi awas sakit hati dan makin overthinking jika kalian punya pasangan, terutama pasangan LDR/LDM.
  3. JOMBLO, gas ajaaa.. itung-itung ngehaluin mas Kiyong sama mbak Soo Bin, mbak Krystal atau diri sendiri. Wkwkwk

Awal mula nonton film ini bakal kegocek sama si Gendung Lee Jang Hyeok, kenapa scenenya si gendut? Masuk pertengahan sudah dialihkan tuh sama scene dunia perselingkuhan dan perpelakoran, lupa sudah masalah si gendut yakaan? Yakalii pesona mbak Krystal gak main-main sih emang. Masuk Ending, sudah disuguhi sama dilema hubungan Da Eun dengan Jang Hyeok yang diombang-ambing badai. Setelah itu endingnya yang sangat membagongkan. Tiba-tiba otak serasa ngelag “Hah?” “Lah kok gini?” “Ini gimana? Ini gimana?” “Bentar pause dulu!” “bentar balik lagi balik lagi, aku gak mudeng!”

Wkwkwkwk WELCOME TO THE TRAP!!!!

20210605_224022

Yang gak mau ada spoiler diantara kita sudahi reading hari ini di artikel saya ini yaa.. Sudah yaa.. ini saya lanjut mau review dan analisis endingnya yang sangat membagongkan antar umat sejagat yang sedang ngerasa dibagongkan dengan endingnya.

Spoiler Alert

Bagi sebagian orang yang jeli, review saya tentang Jang Hyeok sedang berlari di part Sepatu Lama tidak mencantumkan kejadian transformasi dari gendut ke kurus. Karena memang endingnya mereka adalah orang yang berbeda.

Ciyeee.. Yang ngerasa dua orang Jang Hyeok ini samaa.. Kita samaa..

Saya juga sempat terkecoh, saya kira si gendut jadi kurus dan glow up. Dipikir enggak mirip yak? Harusnya ini sekalian operasi plastik. Tapi ya gimana?

Jadi cerita aslinya yang selingkuh duluan itu si Da Eun? Eh gimanaaa? Wkwkwk Iya feeling saya si Da Eun duluan yang membuka hati untuk orang lain, dimulai sejak dia melakukan aborsi. Iyaaa.. pada gak nebak kan klo dia jadinya aborsi? 

Scene aborsinya sebelum scene nangis ini...

Jadi dia itu bukan sekedar periksa ke dokter kandungan tapi sudah melakukan aborsi. Saya juga mikir keras, klo emang mau periksa biasa ngapain harus bawa Wali? Enggggg… Ya begitu sudah yaa.. diterima aja gak ada scene dedek good looking nantinya! Karena bapaknya sangat-sangat belum bisa menerima keberadaan si dedek good lookingnya. Wkwkwk

Ujungnya ending film ini dengan scene Da Eun sudah bahagia dengan SEPATU BARU nya sambil merayakan Christmast di pulau Jeju, dan si SEPATU LAMA akhirnya melanjutkan perjalanan santai dengan Han Bo Young.

Analisis Ending (Plot Twist)

Bagi yang masih bingung bagaimana rute endingnya Sweet & Sour ini saya berusaha dan berhasil ngumpulin puzzle-puzzle yang tercecer agar bisa tersusun kembali.

Jang Hyeok tidak suka makanan manis karena takut gendut, belum lagi Da Eun dan Jang Hyeok pernah jalan ditempat ini dan selanjutnya Da Eun datang lagi bersama Lee Jang Hyeok dan direspon “Aku akan memberikan secara gratis karena kamu sudah pernah kesini seelumnya.”

Semakin meyakinkan jika Lee Jang Hyeok dan Jang Hyeok adalah orang yang sama ketika Jang Hyeok mengakut pernah sakit Hepatitis di scene ini.

Juga pada scene ini dimana Jang Hyeok mengaku sering pinjam mobil ayahnya akhirnya dia membeli mobil sendiri dengan uangnya. Menambah kecurigaan? No! kita terkecoh. Wkwkwk

Pada gambar cicin itu Jang Hyeok juga memberikan cincin kelulusan. yang sebelumnya sudah mengaku saat bersama Lee Jang Hyeok seolah-olah kejadian dengan Lee Jang Hyeok sudah berlalu. Padahal cincinnya saat dengan Lee Jang Hyeok memang sengaja dia kirim kembali kepada Jang Hyeok sebagai tanpa mereka putus/break(?).

Saya sih gak bakal ngerasa ini film bakal bagaimana karena memang sudah penasaran dari awal bakal ada baku hantam antara Chae Soo Bin dengan Krystal atau bagaimana. Ternyata endingnya membagongkan sekali. Yaa. selamat untuk writernim dan PD-Nim nya yang sudah berhasil bikin otak saya ngelag selama beberapa saat dihitung sejak 10 menit sebelum ending sampai 10 menit setelah ending.

Ini filmnya rekomended sekali bagi mereka yang pengen refreshing dari dunia peperangan Penthouse Season 03. Huaaaa.. Saya mau lanjut liat dramanya Jang Ki Yong si Gumiho dengan Hyeri duluu.. Untuk tambahan masalah analisis endingnya bisa langsung komen yaa.. saya tunggu! See You untuk review Movie selanjutnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/dliyauna/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757